Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo


Partai Demokrat pasangan Ganjar Pranowo Cagub Jateng dan Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) dalam Pilkada Jawa Tengah 2018.

Pengumuman diperkenalkan lantas oleh Ketua Lazim Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Pekan (7/1/2018) petang.

"Jawa Tengah. Kami mengusung pasangan Ganjar Pranowo Cagub Jateng. Cawagubnya Saudara Taj Yasin Maimoen Member DPRD Jateng," ujar SBY dikala mengumumkan 17 pasangan cagub-cawagub Pilkada Serentak 2018 di Wisma Proklamasi 41, Menteng, Jakarta Sentra, Pekan (7/1/2018).

Berkaitan hal hal yang demikian, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan menerangkan sejumlah pertimbangan yang melatari dukungan hal yang demikian.

Menurutnya, Jateng memang menjadi satu dari dua tempat yang paling terakhir diputuskan.

Hinca menuturkan, dirinya berkomunikasi secara intensif dengan Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Pengorbanan (PDI-P) Hasto Kristiyanto dalam sebagian jam terakhir sebelum pengambilan keputusan.

Sebelum pembahasan soal Jateng, keduanya membahas soal Pemilihan Kalimantan Barat. Di tempat hal yang demikian, PDI-P dan Demokrat sudah 10 tahun berkoalisi.

"Di Kalbar selama 10 tahun, duet mesra PDI-P dan demokrat berlangsung. Menurut pengalaman itu kami setuju untuk melanjutkan kemesraan itu, sebab itu cagubnya ibu Caroline dari PDIP-P dan wakilnya Gidon dari DPD Demokrat Kalbar," tuturnya.

Beriringan dengan itu, dua partai berkomitmen berkoalisi juga di Jawa Tengah. Hinca menambahkan, hal itu sekalian menggambarkan bahwa PDI-P dan Demokrat juga dapat berprofesi sama mendorong pasangan calon yang sama.

"Ini sekalian menggambarkan Demokrat dapat berprofesi sama dengan siapa saja termasuk PDI Pengorbanan," kata eks Pelaksana Tugas Ketua Lazim PSSI itu.

Di samping itu, mengenai status Ganjar Pranowo Cagub Jateng yang tak jarang dihubungkan dengan kasus korupsi proyek e-KTP, Hinca mengaku telah membahasnya panjang lebar, bagus dengan Hasto ataupun lantas terhadap Ganjar. Dari keduanya, Hinca menerima kepastian bahwa Ganjar bersih dari tuduhan hal yang demikian.

"Aku telepon sendiri Ganjar semalam. Menanyakan itu, clear. Dan kami dukung," sebut ia.

(sumber : KOMPAS.com)
Previous
Next Post »