Karena Twitteran, Ganjar Pranowo Dapat Penghargaan MURI

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mendapatkan penghargaan sebagai Gubernur yang aktif berinteraksi dengan masyarakat melalui Ganjar Pranowo Twitter, dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI).

Penyerahan diberikan langsung oleh Ketua Umum MURI Jaya Suprana pada Ganjar, di gedung MURI, Jalan Setiabudi, Kota Semarang, Jumat (27/1/2017).

MURI menilai apa yang dilakukan Ganjar Pranowo Twitter sebagai Gubernur layak dihargai.

Karena konsisten sebagai pemimpin berkomunikasi dan menyapa rakyatnya serta dapat diakses rakyatnya dengan sangat mudah.

"Saat ini yang kurang di Indonesia adalah komunikasi antara pemimpin dengan rakyat, itu sangat buruk. Walaupun ada, pun hanya seremonial hanya didengar tapi tidak dilaksanakan," jelasnya.

Sedangkan yang dilakukan Ganjar Pranowo Twitter, lanjut Jaya Suprana, apa yang dikeluhkan rakyatnya melalui media sosial twitter, juga langsung ditindaklanjuti dan diselesaikan.

"Maka yang dilakukan beliau layak dihargai untuk dijadikan suri tauladan untuk seluruh pemimpin dan pejabat di Indonesia," tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, ia tak mengira langkahnya berkomunikasi dengan rakyat melalui twitter juga diperhatikan oleh MURI.

Menurutnya, jika dinilai sebagai Gubernur pertama yang berkomunikasi dengan warga menggunakan twitter, ia menilai sebenarnya masih banyak kepala daerah yang menggunakannya.
Ganjar menjelaskan Twitter merupakan alat untuk menjangkau warganya di 35 kabupaten/kota. Ia menyebutnya 'blusukan virtual' karena, untuk menjangkau semua daerah dengan blusukan dalam wujud nyata, butuh waktu banyak.

"Saya ingin menjangkau 35 kabupaten/kota, kalau blusukannya riil, keblusuk beneran saya. Maka saya berpikiran blusukan virtual, untuk merasakan denyut pikiran di masyarakat, ternyata benar disampaikan," kata Ganjar.

Akun Twitter Gubernur Ganjar, yaitu @ganjarpranowo, memang dipegang sendiri oleh si pemilik nama. Kini ia memiliki 889.594 pengikut dan Ganjar mengikuti 2.832 akun Twitter. Dalam timeline Twitter Ganjar memang terlihat ia menjawab pertanyaan warga.

"Mudah-mudahan memotivasi orang untuk berprestasi," ujarnya.

Meski demikian, Ganjar tidak sendirian menerima penghargaan. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi juga mendapatkan penghargaan MURI, yaitu sebagai 'Pejabat yang Sholat Berjamaah Secara Berkesinambungan di Masjid Terbanyak'.

Kemudian ada pula Kodam IV/Diponegoro, yang mendapatkan penghargaan 'Kodam yang Melaksanakan Bakti Sosial Operasi Katarak dengan Pasien Terbanyak'. Penghargaan lainnya diberikan kepada bocah berusia 11 tahun bernama Bians Tjipto Meidianto sebagai 'Penulis Buku Origami Termuda'. Berikutnya ada penghargaan untuk masyarakat Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, dengan judul penghargaan 'Deklarasi Kota Ramah Anak dengan Bergandengan Tangan Sejajar Terpanjang, 7.359 Meter, 7.366 Orang'.

(sumber : Tribunnews, detik.com)
Previous
Next Post »