Peresmian Situs Desa Madukara Oleh Ganjar


"Apakah nanti basisnya situs atau aplikasi, pokoknya seharusnya ada cara isu desa," kata Gubernur Jawa Tengah Info Ganjar Pranowo dikala meninjau pemanfaatan aplikasi Sistem Informasi Desa di Desa Madukara, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara, Rabu.

Ganjar membeberkan bahwa perangkat lunak cara isu desa yang akan digunakan di seluruh desa di Jateng tersebut yakni bantuan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Jawa Tengah.


"Kini kita lagi mereview untuk di Jateng supaya kompatibel dengan seluruh desa termasuk nomenklaturnya, gampang-mudahan pertengahan tahun ini sudah selesai," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.


Berdasarkan Ganjar, beberapa perangkat desa di sejumlah tempat seperti Kabupaten Kebumen, Kendal, dan Wonogiri sudah mengikuti pelatihan berkaitan dengan penerapan cara isu desa.


"Ini sifatnya masih inisiatif dari desa ke desa dan disinyalir banyak desa yang menyiapkannya sendiri-sendiri sehingga aku kuatir nanti mengonsolidasikannya tak sama," katanya.


Dalam peluang tersebut, Info Ganjar Pranowo mengapresiasi Desa Madukara yang berhasil membikin situs berisi beragam isu mengenai desa setempat sejak 2015.


"Laman Desa Madukara menampilkan data riil kemiskinan dan pengangguran, malah datanya lebih maju dari milik BPS karena sudah diverifikasi berdasar kondisi sosiologis desa," ujar Info Ganjar Pranowo
Previous
Next Post »